Loncat ke konten utama

Pemegang Header

Mendarat Nav

Remah roti

  • Masyarakat
  • Cerita
Dragon Memories: Kembalinya Saya ke Jakarta, Dan Rickard (Angkatan 1988)

Kembalinya saya ke Jakarta, Musim Panas 2022

Nama saya Dan Rickard dan saya lulus dari JIS pada tahun 1988. Saat saya menulis ini, saat ini saya berada di salah satu dari banyak hotel baru yang bermunculan di Jakarta dan menyaksikan badai petir bergulir di seluruh kota. Anda dapat merasakan hujan di udara, dan saya tahu bahwa setiap menit langit akan terbuka, dan itu akan seperti berdiri di bawah pancuran air hangat. Masalahnya adalah bahwa ini adalah 12 Juni, yang dimaksudkan untuk menjadi musim kemarau. Seperti banyak hal di dunia saat ini, pola lama berubah, dan dunia baru dengan pola baru muncul.   

Ketika saya meninggalkan Jakarta pada tahun 1988, gedung tertinggi di wilayah Kuningan mungkin lima atau 10 lantai. Sekarang, cakrawala mengingatkan saya pada bagian-bagian New York atau Shenzhen. Perbedaan terbesar adalah bahwa di New York dan Shenzhen, kota ini tumbuh di sekitar jalan yang direncanakan dalam sebuah grid. Di bagian Jakarta ini, kampung-kampung tua masih ada, dengan sungai yang berkelok-kelok dan jalan yang berkelok-kelok, tetapi sekarang, ada kompleks apartemen 60 lantai dan mega mal yang tumbuh secara organik di tanah apa pun yang mampu menopang berat kompleks. Hotel saya kurang dari 1 kilometer dari kantor saya, tetapi berjalan kaki memakan waktu 45 menit. Sebuah mobil dapat melakukannya dalam 15 dalam perjalanan ke sana, tetapi perjalanan kembali bisa memakan waktu satu jam. Sepeda motor masih merupakan taruhan terbaik Anda untuk berkeliling dengan cepat, tetapi hari-hari menemukannya di pinggir jalan dan menegosiasikan harga yang bagus sudah berakhir. Ini semua adalah aplikasi dan layanan ride-hailing, dan lulusan JIS mendirikan yang paling populer. Jika anda kembali, pastikan untuk menginstal Gojek. Ini akan menjadi aplikasi sehari-hari Anda di Indonesia. 

Hubungan saya dengan JIS adalah bahwa saya menghabiskan tahun-tahun formatif saya di sana dari 10 hingga 18 tahun. Itu adalah SD, SMP, dan SMA saya. Di situlah saya dibesarkan dan di mana akar masa kecil saya masih ditanam. Di situlah fondasi siapa saya hari ini terbentuk, meskipun itu lebih dari 40 tahun yang lalu. Saya tidak bermaksud untuk menjadi puitis tentang bagaimana itu adalah "waktu terbaik dalam hidup saya", tetapi saya akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa ingatan saya sebagian besar positif, meskipun Jakarta terkadang sulit untuk ditinggali. Saya masih bisa menelepon teman-teman yang saya buat saat itu, dan ketika kami berkumpul, selalu baik untuk mengenang hari-hari Jakarta yang gila!

Saya diminta untuk mengingat kembali kenangan favorit saya. Ada ratusan kenangan favorit dan semuanya telah kabur bersama menjadi bunga rampai acara yang membuat saya tersenyum sesekali. Satu cerita yang saya ingat adalah ketika saudara perempuan saya Sandy, saudara laki-laki saya Phil, dan saya terlambat pulang dari sekolah. Ketika saya mengatakan terlambat, maksud saya seperti dua jam. Ketika Ibu saya bertanya mengapa, kami hanya dengan santai menyebutkan itu karena protes pemilihan dan tank memblokir jalan, kami harus duduk di bus dan menunggu sampai selesai. Ingat, saat itu, kami tidak memiliki ponsel, tidak ada "pembaruan status" cepat; hanya dua jam dari Ibuku bertanya-tanya di mana anak-anak itu berada. Waktu yang berbeda kembali sebelum internet.

Adapun memberi nasihat, itu sulit bagi saya. Saya bisa pergi dengan aman dan berkata, "tetap berhubungan dengan teman-teman Anda" atau "bekerja keras di universitas". Itu terlalu jelas. Saran saya untuk lulusan saat ini adalah tidak apa-apa untuk bersedih sesekali dan merindukan dari mana Anda berasal. Perhatikan saya tidak mengatakan "dari mana Anda berasal". "Dari mana" Anda berasal adalah sebuah tempat, tetapi "dari mana" Anda berasal adalah serangkaian keadaan dan orang-orang yang sangat spesifik yang membentuk tempat itu pada waktu tertentu. Anda selalu dapat kembali ke suatu tempat, tetapi "apa" tempat itu bagi Anda dan teman-teman Anda hanya akan pernah menjadi kenangan. Jangan mencoba membuatnya kembali; Sebaliknya, buat yang baru dan undang tipe orang yang akan menghargai acara tersebut. Ketika saya mengatakan "tipe orang yang akan menghargainya", Anda juga dapat menggantinya dengan "Naga". Naga dari tahun mana pun hampir selalu ingin menciptakan memori baru dengan teman-teman baru, dibangun di atas fondasi yang kuat dan berbagi pengalaman menjadi Naga Kuat.

Saya telah berada di Jakarta selama 62 hari sekarang dan akan segera pulang ke Calgary. Saya beruntung memiliki kesempatan untuk bekerja dengan saudara laki-laki saya. Ini adalah proyek gairah bagi kami berdua, dan itu adalah perjalanan yang luar biasa kembali ke Jakarta.

  • Alumni